Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Air Beras Yang Mudah....

label




cara membuat pupuk organik cair dari air beras



Membuat pupuk organik cair dari air beras. Air beras adalah salah satu prebiotik / sumber makanan dari bakteri. Kita bisa memanfaatkan air beras sebagai media untuk mengembangbiakkan bakteri baik (probiotik). Dan juga bisa memanfaatkannya sebgai salah satu bahan untuk membuat pupuk organik cair . Sebenarnya air beras bukanlah bahan terbaik untuk membuat pupuk organik, tapi dari pada tidak dimanfaatkan dan terbuang percuma, bolehlah kita manfaatkan bahan satu ini. Dan Jika anda ingin membuat pupuk organik cair yang baik silahkan baca artikel saya disini.

Kandungan Air Beras :

kandungan air beras

 

Kandungan nutrisi beras yang tertinggi terdapat pada bagian kulit ari. Sayangnya sebagian besar nutrisi pada kulit ari telah hilang selama proses penggilingan dan penyosohan beras. Sekitar 80% vitamin B1, 70% vitamin B3 , 90% vitamin B6, 50% mangan (Mn), 50% fosfor (P), 60% zat besi (Fe), 100% serat, dan asam lemak esensial hilang dalam proses membuat beras lebih “indah” untuk dimakan.
Saat mencuci beras, biasanya air cucian pertama akan berwarna keruh. Warna keruh bekas cucian itu menunjukkan bahwa lapisan terluar dari beras ikut terkikis. Meskipun banyak nutrisi yang telah hilang, namun pada bagian kulit ari masih terdapat sisa-sisa nutrisi yang sangat bermanfaat tersebut. Misalkan fosfor (P), salah satu unsur utama yang dibutuhkan tanaman dan selalu ada dalam pupuk majemuk tanaman semisal NPK. Fosfor berperan dalam memacu pertumbuhan akar dan pembentukan sistem perakaran yang baik dari benih dan tanaman muda. Nutrisi lainnya adalah zat besi yang penting bagi pembentukan hijau daun (klorofil) juga berperan penting dalam pembentukan karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu kulit ari juga mengandung vitamin, mineral, dan fitonutrien yang tinggi. Vitamin sangat berperan dalam proses pembentukan hormon dan berfungsi sebagai koenzim (komponen non-protein untuk mengaktifkan enzim). 
 

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dair Air Beras.

Bahan :

  1. Air beras / air cucian beras. 
  2.  Tepung beras. 
  3.  Bekatul.
  4. Gula.
  5. Starter bakteri  / em 4 atau produk lain (bisa juga ragi tape)
  6. Anda bisa menambahkan bahan lain seperti ketela , ubi, atau buah - buahan.

Proses pembuatan :


  1. Tambahkan tepung beras dan bekatul pada air beras. 
  2.  Aduk dengan alat yang bersih sampai larut. 
  3.  Masukan gula aduk lagi sampai larut.
  4. Jika anda ingin menambahkan bahan lain, blender atau hancurkan terlebih dahulu. Lalu campurkan dan aduk.
  5. Masukan dalam jirigen. 
  6.  Masukan starter bakteri.
  7. Tutup rapat jirigen dengan plasik, lalu ikat dengan 5 buah karet gelang. 
  8.  Kocok/goyang goyang jirigen setiap hari 1 kali selama 1 minggu. Agar proses fermentasi lebih cepat. 
  9.  Diamkan hingga 21 – 30 hari . 
  10.  Setelah 21/30 hari akan tercium bau segar.
Cara penggunaan 1 gelas untuk 1 liter air. Kocorkan pada tanaman. Sekian, jika anda ingin tahu lebih banyak, silahkan anda baca artikel lainnya. Semoga bermanfaat dan sukses selalu. Salam pintar.
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon